Menyusun RPP SD



Bahasan terakhir mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Saintifik Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013 adalah komponen dan sistematika RPP Kurikulum 2013. Sistematika RPP terdiri dari susunan RPP termasuk komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Ilustrasi RPP Kurikulum 2013


Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 81 A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemdikbud, 2013: 38), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP sekurang-kurangnya memuat:
  1. Tujuan Pembelajaran 
  2. Materi Pembelajaran 
  3. Metode Pembelajaran
  4. Sumber Belajar
  5. Penilaian Hasil Belajar
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari:
  1. Identitas satuan pendidikan, dalam hal ini adalah nama Sekolah Dasar.
  2. Identitas tema/ subtema, dalam hal ini dituliskan tema dan subtema apa yang hendak diajarkan.
  3. Kelas/ semester, dalam hal ini dituliskan kelas dan semester berapa yang hendak diajar.
  4. Materi pokok, dalam hal ini materi apa yang hendak diajarkan.
  5. Alokasi waktu, yang ditentukan sesuai dengan keperluan pencapaian Kompetensi Dasar dan beban belajar.
  6. Kompetensi Inti, yang merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian kompetensi.
  8. Tujuan Pembelajaran.
  9. Materi Pembelajaran
  10. Metode Pembelajaran, yang mencakup pendekatan saintifik dan metode pembelajaran.
  11. Media pembelajaran.
  12. Langkah-langkah kegiatan pembelaran, yang mencakup pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dengan memperhatikan pembelajaran tematik terpadu saintifik.
  13. Penilaian, yang berisi teknnik penilaian, bentuk instrumen penilaian, dan pedoman penskoran. 


Sistematika penyusunan komponen RPP mengikuti format berikut ini.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester :
Tema/ Subtema :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
     1. ....................... (KD pada KI-1)
     2. ....................... (KD pada KI-2)
     3. ....................... (KD pada KI-3)
         Indikator : .......................
     4. ....................... (KD pada KI-4)
         Indikator : .......................

C. Tujuan Pembelajaran

D. Materi Pembelajaran

E. Metode Pembelajaran

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     1. Pendahulaun (... menit)
     2. Kegiatan Inti (... menit)
     3. Penutup (... menit)

H. Penilaian
     1. Jenis/ Teknis Penilaian
     2. Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
     3. Pedoman Penskoran

Format penulisan RPP dapat kita lihat pada contoh gambar berikut.
Format Penulisan RPP
Format Penulisan RPP
Banyak hal yang menjadi fakta dan kendala bagi guru di lapangan mengenai RPP ini, antara lain
  • Dalam membuat RPP, guru kerap hanya bergantung pada contoh yang ia dapat dari orang lain dan ditiru mentah-mentah padahal yang tahu murid sendiri yaa kita sendiri bukan orang lain. Jadi meniru boleh asal disesuaikan dengan kondisi murid kita sendiri.
  • Soal RPP, guru sering pusing sama formatnya, padahal jauh lebih penting substansinya. Mengejar format RPP yang benar tanpa pertimbangkan apakah isinya bisa diterapkan atau tdk cuma akan membuat frustasi
  • Di RPP tujuan pembelajarannya ‘anak bisa memperagakan’ eeeh di kelas gurunya malah ceramah, yaa tidak nyambung
Hal diatas menjadi bukti bahwa kemauan mencoba hal yang baru serta keinginan untuk selalu berusaha professional belum menjadi ‘jiwa’ yang ada didalam diri guru-guru sekarang ini. Untuk itu beberapa hal dibawah ini akan membantu anda menyegarkan pengertian kembali mengenai RPP sebagai perangkat pembelajaran.
  • RPP menggambarkan prosedur, struktur organisasi pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam standar isi & dijabarkan dalam silabus
  • Susun indikator dalam RPP guru mesti melibatkan 3 aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) dan tidak mesti semua supaya malah tidak mengada-ada
  • Lingkup RPP; untuk 1 pertemuan atau lebih
  • Standar khusus RPP: guru mesti tulis model  dan pendekatan strategi pembelajarannya
  • RPP berisi kegiatan2 yang terstruktur, tanpa itu dijamin kelas berantakan
  • Langsung mengajar tanpa RPP boleh saja, asal guru sudah mengerti & mendokumentasikan skenario pembelajaran 1 tahun
  • Standar khusus RPP; ada langkah-langkah awal, inti, akhir serta disertakan jenis penilaiannya
  • RPP yang baik itu jelas, siapapun yang mengajarkan akan bisa membaca dan melakukan karena didalamnya dipaparkan tahap demi tahap (proses)
Langkah-langkah dalam menyusun RPP:
  • Pertahankan standar kompetensi dan kompetensi dasar, lalu usahakan untuk membuat indikator yang kreatif.
  • Ciri-ciri indikator yang kreatif adalah ia berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misalnya siswa membuat jurnal, poster, presentasi singkat serta banyak lagi jenis penugasan yang kreatif dan memaksa siswa mempreaktekan berpikir tingkat tinggi.
  • mulai sekarang jadikan buku teks sebagai mitra dan bukan satu-satunya rujukan, banyak sekali RPP yang ujung-ujungnya meminta anak mengerjakan soal yang ada di LKS atau buku teks. Padahal ini saatnya menjadikan buku teks sebagai acuan teori, soal bentuk penugasan semakin kreatif guru maka semakin senang dan tertantang siswa untuk mengerjakan yang terbaik.






Contoh RPP Lengkap.
contoh RPP SD terbaru

0 komentar:



Posting Komentar