KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur marilah kita
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya
sehingga makalah dapat terselesaikan walaupun jauh dari kesempurnaan . Dalam
penyusunan makalah ini tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada
rekan–rekan yang telah banyak membantu, dan tidak lupa kepada Dosen TIK
yang telah membimbing saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Makalah
ini berisi tentang macam–macam perangkat komputer beserta kegunaannya dalam
mengoperasikan komputer.
Perangkat –perangkat komputer antara lain terbagi menjadi tiga
unsur yaitu brainware atau user, software dan hardware. Besar harapan kami,
makalah ini dapat berguna khususnya bagi kami penyusun dan umumnya para
pembaca. Saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan.
Waalaikumsalam Wr.Wb
Tangerang, 25 November 2012
Penyusun
BAB I: PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Teknologi Informasi Komunikasi
(TIK) sangat penting dipelajari semua
kalangan khususnya untuk membekali dengan kemampuan mengendalikan
komputer. Salah satu pebgetahuan dari TIK yang penting dipelajari yaitu tentang
perangkat perangkat yang di perlukan komputeruntuk dapat mengoperasikannya. Perangkat –perangkat komputer secara umum terbagi dua
yaitu hardware dan software termasuk komponen terpenting
yaitu brainware/user atau manusia yang mengendalikannya. Ketiga unsur ini
saling berkaitan. Tanpa software, hardware dan user tak dapat
mengoperasikan komputer.
B.Tujuan
Pembuatan
makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, agar nantinya dapat mengoperasikan komputer dengan benar dan dapat menngetahui jenis–jenis serta
fungsi dari perangkat komputer.
BAB II: BRAINWARE
A.Pengertian Brainware
Brainware adalah setiap orang
yang terlibat dalam kegiatanpemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data.
Brainware merupakansumber inspirasi utama
bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
B.Jenis – jenis Brainware
Komponen
Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yangdapat menunjang adanya internal
check yang memadai, yaitu :
1.Operator Komputer
bertanggung
jawab untuk mengolah datamelalui sistem yang berhubungan dengan komputer.
Operator harusmengikuti instruksi yang
ditetapkan dalam runbook yang telahdisusun oleh Programmer. Disini perlu adanya
pembatasan agarOperator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selamaprogram itu berjalan.
2.Teknisi
adalah
seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harusmempunyai pengetahuan luas mengenai
troubleshooting dansebagainya.
3.Trainer
adalah seorang Brainware yang
mempunyai pengetahuan lebih banyak di
banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan
mengajar di bidangnya.
4.Konsultan
adalah
Brainware yang bertanggung jawab layaknyaseorang penasehat handal di dalam
bidangnya.
6.Programmer
bertugas membuat aplikasi
komputer sehingga dapat memudahkan kinerja
manusia melalui program yang telah dibuatnya.
Seorang Brainware yang
berkecimpung di dunia Design Grafis dan
mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
8.Spesialis Jaringan
adalah
seorang Brainware yang sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
adalah
Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu
aplikasi, organisasi dan sebagainya.
10.System Analis
adalah
Brainware yang bertanggung jawab
untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati–hati
dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya
11. Network Platform
Administrator Back up Operator Network
Config OperatorPower UserRemote Desktop User Replicator User Guest Debugger User Help
Services Group.
12. Web Platform
Web
Master Designer OperatorUser.
13. Software Builder
Analisis Sistem Programmer Operator.
BAB III: HARDWARE
A. Pengertian Hardware
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa Indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat
keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer
yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukungproses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukanada
padanya, atau yang juga disebut dengan
dengan istilah instruction set. Dengan
adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut ,maka hardware
tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telahditentukan oleh pemberi perintah.
B.Jenis – Jenis Hardware
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang
salingbekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponentidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-prosesyang ada komputer
dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalamkategori elemen perangkat
keras (hardware).Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi :
1.
Input
device (unit masukan)
2.
Process
device (unit Pemrosesan)
3.
Output
device (unit keluaran)
4.
Backing
Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan
storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process devicea dalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section),
Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri
dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetictape. Storage internal memory
terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkankomponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagaikomponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
KomponenPeriferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakanpersonal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah
unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selainitu terdapat
joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan
komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambarsebagai gambar digital yang
nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan
jari user dapat melakukan suatu proses aksesfile. Microphone, untuk merekam
suara ke dalam komputer.Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signalinput dan maintenance
input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan kedalam sistem komputer,
sedangkan maintenance input berbentuk programyang digunakan untuk mengolah data
yang dimasukkan. Jadi Input deviceselain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1.
Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsungdiproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer graphics tablet,
scanner.
2.
Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentusebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam
peranti yaitu :
a.Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user(pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin
ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868,
Dan pada tahun 1887 diproduksidan
dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini
adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar
ISO (International StandarOrganization). Jumlah tombol pada keyboard ini
berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis
port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.
QWERTY
2.
DVORAK
3.
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,yang
bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTYmemiliki empat
bagian yaitu :
1.
typewriter key
2.
numeric key
3.
function key
4.
special function key
b.Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan
GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran
atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri
dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombo lpenggulung
(scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol
kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan iniakan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser(drag) yaitu menekan
tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kirimouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (doubleclick)
sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut denganklik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial,mouse ps/2, usb dan wireless.
c.Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light
penmemiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer
yangkemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enamsinyal elektronik setiap baris per detik.
e.Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. JoyStick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games
paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengantombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alatini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak ataugaris-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan
dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang
ini, setiap kasir disupermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasiproduk yang dijualnya dengan
barcode.
g.Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng copyatau menyalin gambar atau teks
yang kemudian disimpan ke dalammemori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalamharddisk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesinfotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat padakertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitorterlebih dahulu sehingga kita
dapat melakukan perbaikan atau modifikasidan kemudian dapat disimpan kembali
baik dalam bentuk file text maupunfile
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasadigunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yangbiasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalahSCAN IR yang biasa
digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer)pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampusensor
yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanneryang
beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atauphoto dan biasanya
juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (OpticalCharacter Recognition) untuk
mengcopy atau menyalin objek dalambentuk teks.
h.Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang
menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan
oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak
kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film
sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital
disimpan ke dalammemori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat
dipindahkanatau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran
saat ini ada berbagai macam jenis, mulai
dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat
merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i.Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi
untuk merekam atau memasukkansuara yang
akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Dengan mikropon, kita dapat merekam suaraataupun
dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saatchating.
Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keraslainnya yang berfungsi untuk menerima input suara
yaitu sound card danspeaker untuk mendengarkan suara.
j.Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuatrancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat denganmenggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukanuntuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakanmempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yangdihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yangpada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkankemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunaka nbantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan
jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2. Process Device
(unit Pemrosesan)
a.Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan
CPUpower supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetapuntuk
digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitaskinerja komputer.
Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan powersupplay
biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikanataupun
grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputerbekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal
( unit tambahan).
b.RAM(Random Access Memory)
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut
dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory
bekerja dengan menyimpan dan menyuplai
data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi
informasi.
c.Kartu grafis
(unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang
berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
Kartu grafis initerdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya
tertancap pada slotdi papan utama CPU pada
komputer. Beberapa kartu grafis menawarkanfungsi lain, seperti menangkap video,
dan adaptor untuk penala TV,menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan
menghubungkanmenuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu
grafisterkenal antara lain adalah ATI,
Matrox, dan NVIDIA.
d.Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya
disebut dengan CPU, adalah
otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungankompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakanmenjelajah
internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
e.Motherboard (unit
pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan
sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling
terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard
inilah perangkat keras sepertiHarddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan
perangkat keras lain
Output device ( Unit keluaran )
a.Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya
adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupagambar yang tampil di
layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada
layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar
cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
b.Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang
dihubungkan padakomputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupatulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau
yangsejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dotmetrix,
printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c.Speaker
Speaker di sini pengertiannya
sama dengan speaker pada umumnya,Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal
elektrik ke frekuensiaudio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yangberbentuk
selaput.
4. Backing Storage ( unit
penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atauhard drive
(HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keraskomputer yang berfungsi
sebagai tempat penyimpanan data sekunder, didalam harddisk berisi piringan
magnetis. Harddisk pertama kali diciptakanoleh
salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956.Harddisk
yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kaliterdiri
dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatanputaran
mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitaspenyimpanan 4,4 MB. Data yang disimpan dalam
harddisk tidak akanhilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam
sebuah harddisk, biasanyaterdapat lebih
dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yangdapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknyamenjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yangsangat
besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalamperangkat
(internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal)dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain
yang mendukung.
5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras
komputer yang termasuk dalam unit tambahan atauperiferal antara lain
:
a.Modem
Pengertian Modulator adalah
suatu rangkaian yang berfungsi
melakukan proses modulasi,
yaitu proses “menumpangkan” data pada
frekuensi gelombang pembawa
(carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima
melalui media tertentu (seperti media kabel
atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan
disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal
digital dirubah menjadi sinyal Analog.
b.Kartu Suara
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari
komputer. Namun sekarang, sound card
adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat
dari cara pemasangannya, sound card
dibagi 3:
1.
Sound
Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsungpada motherboard komputer.
2.
Sound Card Offboard, yaitu
sound card yang pemasangannya dislot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata,
sekarang sudahmenggunakan PCI.
3.
Soundcard
External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau
FireWire.
BAB IV: SOFTWARE
A. Pengertian Software
Perangkat
lunak komputer, atau software, adalah istilah umumuntuk data yang diformat dan disimpan secara digital,termasuk program komputer, dokumentasinya,
dan berbagai informasi yang bisa dibaca danditulis oleh komputer. Dengan kata
lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan
perbedaan dengan perangkat keras komputer.
B.Macam – macam Software
1.Bahasa Pemograman
Bahasa Pemograman dibuat agar manusia atau brainware dan komputer dapat saling berhubungan dengan baik. Beberapa
bahasa pemograman yangbiasa digunakan, antara lain bahasa C, Basic, fortran,
visual basic, Delphi, Java, dll.
2.Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar
dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi
program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dansistem
input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, MicrosoftWindows, Ubuntu
(linux), Macintosh, dll. Sistem Operasi
secara umum terdiri dari beberapa bagian:
·
Boot,
yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
·
Kernel,
yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
·
Shell
atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input daripengguna
·
Library,
yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yangdapat dipanggil
oleh aplikasi lain
·
Driver untuk berinteraksi
dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
a.Microsoft DOS dan Microsoft
Windows
Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah
adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi
ini belum menunjang penggunana komputer
secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi
tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows. Microsoft Windows terus
berkembang pesat sehingga merajai pasarperangkat lunak dunia. Diawali dengan
larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan
berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP,
Windows Vista, dan Windows 7.
b.Macintosh dari Apple
Selain Microsoft, perusahaanperangkat lunak yang lain adalah Appledengan produknya yang dilabeli
dengannama Macintosh Operating System(MacOS). MacOS pertama
diluncurkanpada tahun 1984 untuk menjalankankomputer apple yang diberi
namaMacintosh. Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer
buatanIBM.
c.MacOS
MacOS adalah sistem operasi komputer pertama yang menggunakan anta rmuka pengguna berbasis grafis (bukan teks) atau
yang sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface). Generasi MacOS diawali dengan penyebutan
dengan menggunakan kata Sistem, sepertiSistem 6, Sistem 7 hingga kini menggunakan MacOS 9 dan yang
terbaru adalah MacOS X .
d.Linux dan Opensource
Dua sistem operasi yangdisebutkan
diatas adalah sistemoperasi yang berbayar, artinya kita harus membelinya untuk
dapat menempatkan sistem operasi tersebut kedalam komputer pribadikita. Pada beberapa kasus memang ditemukan
penggunaan sistem operasi windows dengan
mode lmengkopi dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harusmembeli
namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.Pada tahun 1991 muncul wacana
membuat sistem operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa
inggris yang bernama LinusThorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh
proyek ini kemudiandisebut dengan Linux.
Karena sifatnya yang gratis dan kode program yang terbuka (open source) maka
Linux menjadi terus berkembang dan menjalar ke seluruh dunia.
3.Software Utlility
Perangkat lunak utility dibuat untuk keperluan khusus, seperti memperbaiki data yang rusak atau ingin
mengembalikan data yang hilang. Perangkat lunak sistem operasi biasanya
sudah menyertakan utility, tetapi banyak program utility yang terpisah dari
sistem operasi dan dibuat oleh perusahaan
yang berbeda. Ada yang berfungsi untuk melihat file, memeriksa hardisk
atau disket, dan ada juga aplikasi untuk mendeteksi virus. Contoh darisoftware
utility yaitu Avira, AntiVir, Disk Defragmenter, TuneUp Ultilities,Disk Cleanup, dll.
4.Program Aplikasi Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan
dengan sistemoperasi. Perangkat lunak ini
secara khusus menangani kebutuhan pekerjaandari pengguna seperti mengetik,
membuat tabel, memainkan musik, memutarvideo, dan browsing internet atau
interkoneksi dengan sesama komputer lokal.Masing-masing program aplikasi
komputer dibuat dan dikembangkansecara
khusus pada bidangnya masing-masing. Aplikasi perkantoran yangterkenal
adalah produk Microsoft, yaitu Microsoft OFFICE. MicrosoftOFFICE terdiri dari
Microsoft Word untuk mengetik dan pengolah kata,Microsoft Excel untuk aplikasi
tabel dan spreadsheet, dan MicrosoftPowerpoint
untuk keperluan presentasi.
Selain Microsoft Office kini muncul OpenOffice dan Lotus
Symphonysebagai alternatif pengganti aplikasi perkantoran yang berbayar
tersebut.Contoh Aplikasi komputer yang lain
:
·
Aplikasi grafis, seperti:
CorelDraw, Photoshop, ACDsee
·
Aplikasi Multimedia, seperti:
Windows Media Player, Winamp,PowerDVD, Klite
·
Aplikasi Browser, seperti:
Mozilla Firefox, Google Chrome, InternetExplorer
·
Aplikasi Programming, seperti:
Visual Studio, Delphi, C++ Builder
·
Aplikasi Web
Designer, seperti: Dreamweaver, Frontpage
5.Driver Perangkat Keras
Driver adalah Perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan
kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor
sebuah perangkat keras. Contoh perangkat yang sering membutuhkan instalasi
driver yaitu SoundCard, VGA Card, dan LAN
Card. Tanpa driver kadang suatu perangkat keras masih dapat
berfungsi namuntidak dapat mencapai performa yang optimal, karena yang
digunakan adalahdriver universal. Jadi
fungsi fungsi khusus yang merupakan kelebihan sebuah perangkat keras tidak
dapat berfungsi dengan baik.
BAB V: PERAWATAN BERKALA
A.Perawatan Hardware
Agar
komputer tetap dapat beroperasi dengan baik setiap saat, ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan :
1. Bersihkan secara berkala komputer unit, monitor, dan keyboard
daridebu dan kotoran. Debu dan kotoran yang
menumpuk di komputerunit akan menghalangi proses pendinginan dan dapat
menghambataliran listrik antarmodul perangkat kerasnya.
2.
Bersihkan disk drive dengan
disk cleaner agar CD atau disket dapat terbaca
dengan baik.
3.
Cabutlah kabel power dari
jaringan listrik, jika komputer sedang tidak
digunakan.
B.Perawatan Software
Selain hardware, komputer juga
perlu dirawat programnya/softwarenyasehingga tetap berjalan lancar dan tidak
“eror”. Berikut adalah beberapa cara merawat software komputer :
1. Hapuslah file – file yang sudah
tidak berguna dengan menggunakan tool “Disk Cleanup”.
2. File – file juga
menjadi tidak beraturan letak dan posisinya dihardisk dalam jangka waktu
penggunaan tertentu. Untuk merapikannya gunakan tool “Defrag”.
BAB VI: KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Komputer adalah teknologi yang
paling banyak digunakan pada masa kini. Komputer tidak dapat beroprasi dengan
baik tanpa ketiga unsur perangkat komputer yaitu hardware, software dan
brainware. Hardware adalah wujud fisik dari komputer dan perangkat
pendukungnya, software adalah sejumlah intruksi atau program yang dibuat untuk
menjalankan atau memproses di hardware, dan
brainware adalah manusia yang mengendalikan
dan mengoperasikan komputer. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Demikian juga, kedua perangkat tersebut tidak akan bermanfaat
apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
B.Saran
Dari uraian tersebut di atas
serta kesimpulan yang telah saya sampaikan. Disarankan mempelajari hardware dan software dengan
kemampuan yang maksimal agar dapat
menggunakan komputer lebih menguasai, sebagaimana diketahui perkembangan
elektronik dari tahun ketahun terutama
komputer lebih berkembang dan lebih maju sehingga apabila kita tidak
mempelajari hardware dan software maka akan jauh tertinggal. Disamping itu pula
diperlukan perawatan berkala terhadap software dan hardware agar komputer
tetap dapat beroperasi.
1 komentar:
terima kasih. ini sangat membantu saya.
Posting Komentar